BAB I
GAMBARAN UMUM SEKOLAH SMP NEGERI 7 PUTUSSIBAU
- Letak Geografis
SMP Negeri 7 Putussibau yang beralamat di Jalan Lintas Selatan Kedamin Hilir Kecamatan Putussibau Selatan. Luas tanah SMP Negeri 7 Putussibau kurang lebih 1 Hektar.
Perbatasan Antar Sekolah :
- Selatan, SMK Negeri 1 Putussibau
- Utara, SD Negeri 1 Kedamin
- Timur, TK Aisyah Kedamin
- Barat, SDIT Kedamin
- Sejarah Singkat
SMP Negeri 7 Putussibau pada awalnya ialah SMP Pelita berdirinya SMP Pelita pada tahun 1878, adapun ketua yayasan SMP Pelita ialah H.M Thaib Noen.
- Kelapa SMP Pelita pada tahun 1990-1997, Syamsu Bahrun.
- Kepala SMP Pelita pada tahun 1997-2003, Drs. Johansyah
- Kepala SMP Pelita pada tahun 2003-2007, Yuliati, A.Md.Pd
SMP Pelita berubah menjadi SMP Negeri 7 Putussibau pada tanggal 19 Agustus 2007 di bawah kepemimpinan Yuliati, A.Md.Pd. Beliau menjadi Kepala Sekolah SMP Pelita sampai dengan SMP Negeri 7 Putussibau dari tahun 2007 s/d 2014 sekarang.
- Visi dan Misi
Adapun Visi dan Misi SMP Negeri 7 Putussibau ialah:
Visi
Berakhlak, terampil dan berprestasi
Misi
- Menumbuhkan penghayatan terhadap ajaran agama
- Menumbuhkan sifat saling menghargai
- Melaksanakan pembelajaran, kontektual melalui eksperimen
- Menyalur talenta melalui kegiatan kepramukaan dan ekstrakurikuler
- Melaksanakan pembelajaran dan bimbingan secara efektif
- Menumbuhkan kreativitas belajar secara intensif.
- Guru dan Karyawan
No | Nama Guru | NIP | Jabatan |
Mengajar Mata
Pelajaran |
1 | Yuliati, A.Md.Pd | 19640203 198903 2 001 | Kepala Sekolah | IPA Terpadu |
2 | Biatha, S.Pd | 19781124 200401 2 001 | Waka Kurikulum | B. Indonesia |
3 | Suhardi, S.Pd | 19720809 199903 1 010 | Waka Kesiswaan | IPS Terpadu |
4 | Jami’ah, S.Pd | 19600307 198903 2 002 | Waka Humas | IPA Terpadu |
5 | Syamsu Aswat, S.Pd | 19640305 198411 1 003 | Waka Humas | Matematika |
6 | Asnah Rohani | 19650101 200801 2 006 | Kepala TU | |
7 | Tiomsi Sitindaon, S.Pd.Fis | 19671127 199412 2 000 | Guru | IPA Terpadu |
8 | Salmawati, S.Pd | 19790219 200604 2 011 | Guru | BP/BK |
9 | Darawati, S.Pd | 19811220 200902 2 003 | Guru | Matematika |
10 | Asnol Abidin, S.Pd | 19740727 200604 1 015 | Guru | B. Inggris |
11 | Meri Oktavia, S.Pd | 19851025 200902 2 001 | Wakasis | IPS Terpadu |
12 | Mariani, S.Pd.I | 19840326 200803 2 001 | Guru | Agama Islam |
13 | Evi Yulianti, S.Pd | 19770705 201001 2 011 | Guru | Agama Islam |
14 | Erfinawati, S.Pd | 19811001 200902 2 002 | Guru | PKn |
15 | Stebins Gulleson, S.Th | 19821106 201101 1 004 | Guru | Agama Protestan |
16 | Kartiniwati, SE | Guru | IPS Terpadu | |
17 | Ahkdiat Syahril, S.Pd | Waka Sapras | Penjaskes | |
18 | Trie Wahyuni, S.Pd.I | Guru | Agama Islam | |
19 | Albar Hakim, S.Pd | Waka Kurikulum | Prakarya | |
20 | Ridwansyah, S.Pd | Waka Sapras | LH | |
21 | Yassir Hadibrata, S.Pd.I | Guru | BPD | |
22 | M.M Lenita, S.Sos | Guru | Agama Katolik | |
23 | Heni Pitriani, S.Pd | Guru | Penjaskes | |
24 | Safarani, S.Pd | Guru | Matematika | |
25 | Asrolini | Guru | Seni Budaya | |
26 | Ariyanto, S.Pd | Guru | B. Inggris | |
27 | Yohanes Edi Mancuk, S.Ag. | Guru | Agama Katolik | |
28 | Sri Rohana Pertama, S.Pd | Guru | Matematika | |
29 | Aditia Septorohadi, S.Pd | Guru | IPA Terpadu | |
30 | Fardilayani, S.Pd | Guru | B. Inggris | |
31 | Fitriyani, S.Pd | Guru | B. Indonesia | |
32 | Agus Salim, S.Pd | Guru | Penjaskes | |
33 | Fransiska Evanista, S.Pd | Guru | B. Indonesia | |
34 | Mawaddah Al-Jannah | Guru | B. Inggris | |
35 | Tuti Indriwati, S.Pd | Guru | Matematika | |
36 | Heni Meitiliyana, S.Pd | Guru | B. Indonesia | |
37 | Safriyani, A.Md | Tata Usaha | ||
38 | Utet Sartika | Tata Usaha | ||
39 | Marlina Simanjuntak | 19760502 200801 2 002 | Tata Usaha | |
40 | Khairus Syahidin | Tata Usaha | ||
41 | Sepuan | Kebersihan |
- Siswa
KETERANGAN | JUMLAH |
Siswa | 531 |
Laki-Laki | 291 |
Perempuan | 240 |
Siswa Agama Islam | 333 |
Siswa Agama Katolik | 171 |
Siswa Agama Kristen | 27 |
- Sarana dan Prasarana
SMP Negeri 7 Putussibau
N o | Jenis Fasilitas | Baik | Rusak Ringan | Rusak Berat | Keterangan | |||
Jmlh | Luas m2 | Jmlh | Luas m2 | Jmlh | Luas m2 | |||
1 | Ruang Kelas | 16 | 4 x 7 | - | - | - | - | |
2 | Ruang Lap | - | - | 1 | 4 x 7 | - | - | Dipakai ruang kelas |
3 | Ruang TU | 1 | 3 x 6 | - | - | - | - | |
4 | Ruang Kepala Sekolah | 1 | 4 x 7 | - | - | - | - | |
5 | Ruang Guru | 1 | 4 x 7 | - | - | - | - | |
6 | Ruang Komputer | - | - | - | - | - | - | |
7 | Ruang Perpustakaan | 1 | 4 x 7 | - | - | - | - | Dipakai ruang kelas |
8 | Ruang Ganti Putra | 1 | 2 x 3 | - | - | - | - | |
9 | Ruang Ganti Putri | 1 | 2 x 3 | - | - | - | - | |
10 | WC | 4 | 1,5 x 3 | 2 | 1,5 x 3 | 4 | 1,5 x 3 | |
11 | Raung Dapur | 1 | 2 x 4 | - | - | - | - | |
12 | Ruang UKS | 1 | 2 x 4 | - | - | - | - | Dipakai ruang kelas |
13 | Ruang Koperasi | - | - | - | - | - | - | |
14 | Mushola | 1 | 5 x 8 | - | - | - | - | |
15 | Ruang Kantin | 3 | 3 x 5 | - | - | - | - | |
16 | Komputer | - | - | - | - | - | - | |
17 | Laptop | 1 | Unit | - | - | - | - | |
18 | Printer | 1 | Unit | - | - | 7 | Unit | |
19 | Dispenser | 1 | Unit | - | - | - | - | |
20 | Kipas Angin | 1 | Unit | - | - | - | - | |
21 | Warles | 1 | Unti | - | - | - | - | |
22 | Infokus | 1 | Unit | - | - | - | - | |
23 | Mesin Tebas Rumput | - | - | - | - | - | - | |
24 | DVD Player | 1 | Unti | - | - | - | - | |
25 | TV | 1 | Unit | - | - | - | - | |
26 | Sound system | 1 | Unit | - | - | - | - | |
27 | Lemari guru | 1 | Unit | 1 | Unit | - | - | |
28 | Lemari arsip | 1 | Unit | - | - | - | - | |
29 | Meja guru/TU | 18 | Unit | - | - | 3 | Unit | |
30 | Kursi Guru/TU | 35 | Unit | 2 | Unit | 2 | Unit | |
31 | Meja Siswa | 542 | Unit | 10 | Unit | 5 | Unit | |
32 | Kursi Siswa | 431 | Unit | 109 | Unit | 4 | Unit | |
33 | Grobak | 1 | Unit | - | - | 1 | Unit | |
34 | Parabola | - | - | 1 | Unit | - | - | |
35 | Kompor | 1 | Unit | - | - | - | - | |
36 | Gelas | 5 | Lusin | 1 | Buah | 3 | Buah | |
37 | Piring | 3 | Lusin | - | - | 2 | Buah | |
38 | Cangkul | 1 | Buah | - | - | 1 | Buah | |
39 | Palu | 1 | Buah | - | - | - | - | |
40 | AC | 1 | Unit | - | - | - | - | |
41 | Denah sekolah | 1 | Unit | - | - | - | - | |
42 | Papan Tulis | 17 | Buah | - | - | 2 | Buah | |
43 | Kursi Tamu | 1 | Unit | 1 | Unit | - | - | |
44 | Ruang BP/BK | 1 | 2 x 4 | - | - | - | - | Didalam ruang kelas |
BAB II
PELAKSANAAN PPL DAN HASIL
- Kegiatan Pembelajaran
- Observasi Pembelajaran
- Pelaksanaan
Observasi dilakukan mulai tanggal 18 Agustus 2014 pada awal Pelaksanaan PLL di SMP Negeri 7 Putussibau dengan meminta izin langsung kepada guru pamong. Observasi yang dilakukan bukan hanya pada pembelajaran, akan tetapi mencangkup beberapa hal. Adapun hal-hal sebagai berikut:
- Mengamati guru pembimbing atau guru pamong di SMP Negeri 7 Putussibau yaitu:
Nama : Mariani, S.Pd.I
NIP : 19840326 200803 2 001
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam (PAI)
- Sarana dan Prasarana SMP Negeri 7 Putussibau.
- Hasil
Hasilnya dari materi yang disampaikan dapat dipahami dengan baik oleh peserta didik, serta indikator pencapaian sesuai dengan apa yang diharapkan. Semuanya terealisasikan dengan baik dan tepat. Hasil observasi yaitu:
- Mengetahui proses pembelajaran.
- Mengetahui sarana pembelajaran yang tersedia
- Mengetahui jumlah kelas yang ada dan lingkungan sekitarnya.
- Mengetahui jumlah siswa secara keseluruhan.
- Mengetahui jadwal pelajaran khususnya PAI.
- Mengetahui seseuatu yang sekiranya bisa dijadikan suatu program yang bisa dikonsultasikan dan dilaksanakan.
- Persiapan Pembelajaran
- Pelaksanaan
Setelah melakukan observasi di lapangan, mengadakan konsultasi dengan guru pamong tentang jadwal pelaksanaan pembelajaran dan dibagikan jadwal sesuai kelas atau tingkatan yang telah ada.
Adapun persiapan pembelajaran ialah:
- Menanyakan tetang materi yang telah disampaikan terlebih dahulu sehingga mudah melanjutkannya sekaligus meminjam buku paket kepada guru pamong.
- Mempersiapkan RPP dengan benar sesuai dengan kurikulum dan materi yang telah dikonsultasikan ke guru pamong.
- Mempelajari dirumah materi yang akan disampaikan.
- Meminjam alat atau media untuk mengajar.
- Menyiapakan media sesuai sesuai RPP.
- Hasil
- Mengetahui materi apa yang disampaikan.
- Mempermudah pembuatan perangkat pembelajaran.
- Mempermudah mendalami materi yang akan disampaikan.
- Praktek Pembelajaran
- Pelaksanaan
Memulai suatu kegiatan praktek pembelajaran dengan penuh kesiapan seperti yang telah disampaikan pada persiapan pembelajaran di atas, adapun hal-hal yang dilakukan ialah:
- Mengecek kembali peralatan yang telah disiapkan.
- Menemui guru pamong sebelum masuk kelas.
- Menyerahkan RPP yang telah disiapkan kepada guru pamong dan siap diberi penialaian sebagai mana mestinya.
- Masuk kelas dan melaksanakan pembelajaran serta menerapkan sesuai dengan RPP yang telah dibuat.
Setelah selesai melaksanakan praktek pembelajaran di kelas langsung menemui guru pamong. Adapun hal-hal yang dilakukan ialah:
- Berkonsultasi dan meminta pendapat ke guru pamong tentang praktek yang telah dilaksanakan.
- Mencatat hal-hal yang dianggap kurang untuk evaluasi diri menjadi lebih baik.
- Meminta tanda tangan pada guru pamong sebagai bukti telah melaksanakan praktek pembelajaran.
- Menyampaikan tentang jadwal penilaian yang akan datang.
- Menyembalikan peralatan yang dipinjam dari sekolah.
- Hasil
- Mahasiswa mampu menguasai materi yang akan disampaikan
- Mahasiswa sanggup melaksanakan sesuai dengan RPP yang telah dibuat.
- Mahasiswa memperoleh pengalaman yang berharga baik dari peserta didik maupun guru pamong.
- Kegiatan Pesekolahan
- Administrasi Sekolah
- Pelaksanaan
- Hari/Tanggal : Senin, 18 Agustus 2014
Jam : 10.00 s/d 11.00 WIB
Tempat : SMP Negeri 7 Putussibau (Ruang Guru)
Adapun hal-hal yang dilakukan ialah
- Menjilid Absen siswa
- Menjilid Agenda dan jadwal pelajaran masing-masing guru.
- Menyerahkan hasil kepada dewan guru yang besangkutan.
- Hari/Tanggal : Selasa, 19 Agustus 2014
Jam : -
Tempat : Rumah Mahasiswa (saya)
Adapun kegiatan yang dilakukan ialah:
- Mendata siswa laki-laki yang muslim
- Membuat absen siswa sholat jum’at laki-laki muslim per kelas VII A s/d VII F, VIII A s/d VIII E dan IX A s/d IX E.
- Hasil
- Mahasiswa menambah pengetahuan tentang adminstasi
- Mahasiswa mengetahui jumlah siswa laki yang muslim
- Mahasiswa mudah mengontrol siswa.
- Mahasiswa mampu melengkapai administrasi sekolah dan menambah pengetahuan.
- Administrasi Personil Sekolah
- Pelaksanaan
- Hari/Tanggal : 20 dan 24 September 2014
Jam : -
Tempat : Rumah dan SMP Negeri 7 Putussibau.
Adapun kegiatan yang dilakukan ialah:
- Membuat kisi-kisi soal PAI kelas IX untuk UTS
- Membuat kisi-kisi soal Seni Budaya (SB) kelas VIII C UTS.
- Hari/Tanggal : Sabtu, 23 Agustus 2014
Jam : -
Tempat :Rumah mahasiswa (saya)
Adapun kegiatan yang dilakukan ialah:
- Membuat Program Tahunan (Prota) dan Program Semester (Promes) Mata Pelajaran PAI, kelas VII, VIII dan IX, Semester Ganjil dan Genap.
- Hari/Tanggal : Sabtu, 29 Agustus 2014
Jam : -
Tempat :Tata Usaha
Adapun kegiatan yang dilakukan ialah:
- Membantu mengurus administrasi
- Membantu Kepala Sekolah mengetik Surat Kerja (SK) Guru.
- Hasil
- Mahasiswa pengetahuan dan mendapat pengalaman.
- Mahasiswa mempunyai gambaran tentang kisi-kisi yang dibuat.
- Melengkapi administrasi yang seharusnya ada.
- Bisa sambil membicarakan program PPL dan lain-lain.
- Administrasi Sarana dan Prasarana
- Pelaksanaan
- Hari/Tanggal : Sabtu, 06 September 2014
Jam : -
Tempat : Rumah Mahasiswa (saya)
Adapun kegiatan yang dilakukan ialah:
- Membuat denah sekolah SMP Negeri 7 Putussibau secara manual.
- Membuat denah sekolah SMP Negeri 7 Putussibau dari gabus secara kreatif.
- Hari/Tanggal : Sabtu, 10 September 2014
Jam : -
Tempat :Rumah mahasiswa dan SMP Negeri 7 Putussibau.
Adapun kegiatan yang dilakukan ialah:
- Membuat Format tentang sarana dan prasarana sekolah.
- Mengecek barang-barang sekolah.
- Hasil
- Mampu melengkapi data sarana dan prasarana
- Membantu Waka Sapras mmengetahui barang-barang sekolah yang masih layak digunakan ataupun yang sudah rusak.
- Mempermudah untuk mengecek kembali barang-barang yang belum ada ataupun sudah ada.
- Mahasiswa mengetahui tentang lokasi sekolah.
- Mahasiswa melengkapi administrasi yang belum ada khususnya saran dan prasarana.
- Kegiatan Pengabdian dan Pengembangan Lembaga
- Bidang Agama
- Pelaksanaan
- Hari/Tanggal : 22 Agustus 2014 s/d 19 September 2014 Jam : 10.20 s/d 11.20 WIB
Tempat : SMP Negeri 7 Putussibau
Adapun kegiatan yang dilakukan ialah:
- Memberi materi tentang Islam
- Memimpin yansinan
- Membina dan memotivasi peseta didik untuk melakukan hal-hal yang baik terutama tentang Ibadah Sholat Jum’at.
- Hasil
- Mahasiswa bisa mentransper ilmu lewat materi yang disampaikan.
- Mahasiswa menambah pengetahuan.
- Peserta didik mengetahui apa yang seharusnya dilakukan dan apa yang tidak seharusnya dilakukan.
- Bidang Fisik
- Pelaksanaan
- Hari/Tanggal : 06 September 2014
Jam : -
Tempat : SMP Negeri 7 Putussibau
Adapun kegiatan yang dilakukan ialah:
- Membersihkan Mushola Urwatul Wusqa SMP Negeri 7 Putussibau.
- Hasil
- Mushola menjadi bersih dan layak untuk digunakan sebagi mana mestinya.
BAB III
ANALISIS KEGIATAN DAN HASIL
- Konstribusi yang diberikan oleh Sekolah/Madrasah
Adapun konstribusi yang diberikan pihak sekolah/madrasah adalah:
- Memberi izin mahasiswa STIT Iqra’ Kapuas Hulu untuk melakukan PPL di tempatnya.
- Ikut berpatisipasi dalam melakukan suatu program kegiatan. Contohnya guru ikut serta dalam pembuatan plang-plang, mengawasi peserta didik saat mahasiswa memberi memberikan materi pembelajaran.
- Selalu memberi saran dan montivasi kepada mahasiswa PPL STIT Iqra’ Kapuas Hulu khusunya Kepala Sekolah, Guru Pamong dan umumnya dewan guru lainya.
- Meminjamkan barang yang berhubungan dengan pogram yang akan dilaksanakan.
- Mengeluarkan biaya yang dibutuhkan untuk melaksanakan program.
- Faktor Pendukung dan Penghambat
- Faktor Pendukung
- Jarak yang dekat dan mudah dijangkau.
- Teman-teman mahasiswa PPL STIT Iqra’ Kapuas Hulu yang bekerja dengan baik dan saling bekerja sama.
- Respons Kepala Sekolah yang sangat mendukung setiap kegiatan PPL STIT Iqra’ Kapuas Hulu.
- Guru Pamong yang selalu memberi perhatian, mitovasi, dan saran kepada mahasiswa PPL STIT Iqra’ Kapuas Hulu.
- Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) yang selalu memberi saran, masukan dan motivasi kepada mahasiswa PPL STIT Iqra’ Kapuas Hulu.
- Panitia PPL yang selalu memberi saran dan masukkan kepada mahasiswa.
- Dewan guru dan Tata Usaha yang selalu memberi perhatian dan kerja sama kepada mahasiswa PPL STIT Iqra’ Kapuas Hulu.
- Waka Sapras yang selalu mendukung bahkan membantu setiap kegiatan yang kita lakukan terutama pada Program sarana dan prasarana sekolah.
- Mahasiswa PPL dan KKM IKIP PGRI Potianak yang selalu bekerja sama dalam melaksanakan suatu proses kegaiatan baik itu kegiatan pembelajaran maupun kegiatan fisik.
- Sarana dan prasaranan yang mendukung.
- Sikap aktif peserta didik serta sopan sehingga memberi semangat tersendiri untuk mahasiswa PPL.
- Faktor Penghambat
- Cuaca yang tidak mendukung sehingga menggangu kesehatan.
- Penyesuaian waktu yang terlalu pagi.
BAB IV
PENUTUP
- Kesimpulan
Dari laporan akhir PPL STIT Iqra’ Kapuas Hulu di atas dapat saya simpulkan bahwa PPL sangat mengasikkan dan sangat menambah ilmu pengetahuan dan pengalaman tersendiri. Terkadang apa yang kita pelajari di ruangan kampus saat proses belajar mengajar tidak semuanya bisa kita terapkan dikarenakan kondisi dan situasi yang mungkin berbeda. Kita harus mempunyai kesadaran serta tanggungjawab agar apa yang kita kerjakan bisa terselesaikan dengan baik.
Apalagi melaksanakan sesuatu kegiatan tidaklah mudah. Kita sebagai mahasiswa yang bisa dibilang kurang pengalaman dari segi apapun. Hal yang terpenting selalu bertanya dan selalu berkoordinasi dengan pihak terkait. Meminta saran dan pendapat demi kesuksesan suatu kegiatan.
- Saran
Penulis selaku mahasiswa PPL STIT Iqra’ Kapuas Hulu ingin menyampaikan beberapa saran untuk adik-adik tingkat/pembaca supaya lebih baik lagi dalam melaksanakan PPL kedepannya. Belajar dari sejarah, selalu berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait itulah kunci kesuksesan PPL dan semoga laporan akhir ini bisa bermamfaat untuk para pembaca.
No comments:
Post a Comment